24 Jul

Apa Saja Bagian Dari Kitchen Set Di Dapur

bagian - bagian kitchen set

berbagai aksesoris kitchen set sesuai kebutuhan

Memahami Lebih Jauh Kitchen Set Dan Bagiannya

bagian - bagian kitchen set

bagian – bagian kitchen set

Kitchen set merupakan salah satu perlengkapan dapur yang dibuat dengan fungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan rumah tangga yang berupa lemari-lemari atau bisa di sebut kabinet.

Penggunaan kitchen set memang di rancang khusus sebagai tempat penyimpanan dan mengolah proses memasak di dapur agar menjadi lebih rapi dan tertata.

Lalu apa saja bagian kitchen set  apa saja yang terdapat pada kitchen set ? Pada kitchen set karena berfungsi sebagai tempat penyimpanan peralatan memasak, maka pada kitchen set terdapat atau terdiri dari berbagai bagian-bagian yang bisa di jadikan sebagai tempat penyimpanan berupa kabinet-kabinet.

Kabinet-kabinet tersebut terdiri dari 2 bagian yaitu bagian lemari kabinet atas dan lemari kabinet bawah.  Pada bagian kabinet atas biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan peralatan memasak dengan ukuran yang lebih kecil. Karena selain agar kabinet dapat bertahan lama juga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan anda ketika mengambil barang. Dan pada umumnya ukuran dari kabinet atas sekitar 80 cm. Ukuran tersebut sudah di sesuaikan dengan kenyamanan dan keamanan anda.

Sedangkan pada kabinet bawah biasanya di pergunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan memasak dengan ukuran yang lebih besar. Tidak hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan, kabinet bawah pun juga di gunakan sebagai tempat mengolah masakan.

Karena digunakan sebagai tempat mengolah makanan, maka kabinet bawah tentunya sudah pasti ada top table yang berfungsi sebagai tempat atau meja kerja mengolah makanan. Karena digunakan untuk mengolah tentu saja bahan yang digunakan adalah bahan yang kuat, anti panas dan tidak mudah tergores.  Anda bisa menggunakan batu granite, marmer, maupun solid surface pada bagian top table.

Dan pada bagian dinding yang memisahkan antara kabinet atas dan bawah terdapat dinding pemisah yang di sebut backplash. Pada dinding backplash bisa menggunakan mozaik, keramik, cermin, maupun mika sesuai dengan selera anda.

Lalu apa saja jenis bahan yang digunakan untuk bahan utama pembuatan kitchen set ? Ada banyak jenis bahan yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan kitchen set, mulai dari kayu solid seperti kayu jati maupun kayu campuran seperti plywood atau multiplek dan MDF.

Dan untuk jenis finishing anda bisa menggunakan finishing HPL, finishing duco, finishing lacquer, maupun finishing sayerlack dan melamik sesuai dengan selera anda.

Untuk konsep dari kitchen set sendiri anda bisa memilih model kitchen set minimalis, kitchen set klasik, semi klasik, maupun kitchen set american style sesuai dengan desain interior yang anda miliki.

Pada kitchen set tentu akan terdapat berbagai perlengkapan mengolah maupun memasak seperti kitchen sink atau sink. Fungsi dari kitchen sink sendiri merupakan sebagai tempat mencuci. Model atau jenis kitchen sink pun beragam yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda seperti kitchen sink satu lubang atau lubang tunggal dan kitchen sink dua lubang. Jenis bahan pada kitchen sink pun terdiri dari stainless, maupun chrome.

Selain sink, tentu kompor juga menjadi peralatan yang tidak bisa dilupakan atau di tinggalkan pada bagian kitchen set.  Kompor juga biasa di sebut sebagai hob, yang mana kompor juga tersedia dalam berbagai jenis yang bisa di sesuaikan dengan desain kitchen set.

Build in hob merupakan kompor yang di pasang dengan cara menumpang pada bagian meja kerja kitchen set, karena menumpang maka akan terlihat lebih menyatu. Dan yang selanjutnya adalah kompor berdiri atau biasa di sebut freestanding cooker. Pada jenis kompor ini tidak menyatu dengan meja kerja sehingga jenis kompor ini akan lebih banyak memakan tempat.

Dengan beberapa jenis kompor yang telah di sebutkan anda bisa memilih jenis kompor yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda. Setelah kompor, pada bagian kitchen set juga perlu di lengkapi dengan cooker hood atau cerobong penghisap asap. Yang mana fungsi cerobong ini untuk menghisap asap dari proses memasak sehingga bagian kabinet atas tidak kotor dan hitam akibat asap kompor.

Pelengkap dapur lainnya adalah lemari es atau kulkas yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Anda bisa menempatkan lemari es anda pada bagian di luar kabinet kitchen set ataupun anda juga bisa membuatkan kebinet kulkas agar menyatu dengan kitchen set.

Tidak hanya kulkas atau lemari es, pada microwave anda pun juga bisa meletakkannya biasa pada bagian atas meja top table atau anda bisa membuatnya menyatu dengan kabinet.

Selain itu semua, ada beberapa jenis atau aksesoris kitchen set yang di gunakan pada kitchen set seperti engsel, rel dan handle dengan beragam pilihan bahan lokal maupun import. Beberapa di antaranya yang banyak digunakan adalah blum, ferrary, huben, hafele maupun lain sebagainya.

Dan aksesoris lainnya yang biasa digunakan pada kitchen set adalah seperti rak sendok, rak piring, rak botol, tempat bumbu maupun lain sebagainya.

Untuk fungsi rak piring adalah untuk menyimpan piring maupun sendok dan lainnya agar peralatan makan anda menjadi lebih rapi dan tertata.

Sedangkan untuk rak botol digunakan sebagai tempat untuk menyimpan botol-botol baik botol tempat minum maupun botol bumbu.

Untuk rak sendok berfungsi sebagai tempat menyimpan sendok maupun garpu agar mudah di simpan dan di ambil ketika di perlukan.  Tempat penyimpanan rak sendok dapat di tempatkan pada bagian dalam kabinet.

Selanjutnya adalah gantungan panci yang biasa di tempatkan pada bagian bawah kabinet bawah. Selain agar mudah di ambil atau di simpan, penyimpanan di kabinet bawah juga di karenakan beban yang akan di berikan pasti lebih berat sehingga tidak membahayakan dan merepotkan anda.

Dan untuk rak bumbu, bisa di tempatkan pada bagian menggantung pada bagian dinding backplash maupun di bagian dalam kabinet.

Semua aksesoris di atas bisa anda tempatkan di mana saja sesuai dengan selera dan kebutuhan anda, namun akan lebih baik jika di letakkan pada bagian dalam kabinet agar kitchen set terlihat lebih rapi. Bentuk dari aksesoris beragam, dengan jenis bahan yang beragam pula, mulai dari stainless maupun chrome.

Dan itu lah beberapa penjelasan mengenai kitchen set, bagian kitchen set serta aksesoris kitchen set yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda.

Berbagai aksesoris tentunya perlu di sesuaikan dengan ukuran, desain dan kebutuhan anda agar selain tidak membuat penuh kitchen set anda namun juga dapat menghemat pengeluaran yang terlalu berlebihan.

Namun hanya sebagai informasi, bahwa aksesoris di atas biasanya di tawarkan dengan harga yang berbeda dari harga kitchen set, sehingga jika anda berencana membuat kitchen set lengkap dengan aksesoris di atas maka perhatikan secara baik budget yang anda miliki.

pembaca artikel ini juga mencari:

sebutkan bagian-bagian kitchen (3);kitchen set terdiri dari apa saja (1);nama bagian sink (1);

Comments

comments

081213331628 - 085945627328 - sales@kitchensetjakarta.netHubungi Kami